Salat Ied Pertama di Masjid Agung Kubah Timah, Mampu Tampung Dua Ribu Jemaah

(Masjid Agung Kubah Timah Pangkalpinang. Foto: istimewa)

PANGKALPINANG, LASPELA – Salat Idulfitri 1445 Hijriah oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang akan digelar pertama kali di Masjid Agung Kubah Timah, diprediksi akan menampung maksimal dua ribu jemaah.

Hal ini sesuai dari hasil rapat persiapan Salat Idulfitri yang digelar Pemerintah Kota Pangkalpinang bersama Forkopimda yang digelar di ruang SRC Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (3/4/2024).

Direncanakan saf salat laki-laki akan full berada di luar masjid, sementara untuk saf perempuan akan ada di dalam.

“Untuk yang laki-laki akan dibuatkan tenda di pelataran masjid, kemudian kubah utama yang selama ini digunakan untuk salat bakal untuk wanita, jadi ada di dalam kubahnya,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan.

Sementara untuk saf laki-laki akan didirikan tenda sepanjang pelantaran masjid, mulai dari halaman depan masjid, jalan akses wilayah masjid, parkir, hingga ke belakang.

Untuk tempat wudhu laki-laki dan perempuan akan dipisah, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak PDAM untuk pengadaan saluran air wudhu di luar masjid untuk tempat wudhu laki-laki, sementara wudhu perempuan di dalam masjid.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama salat Idulfitri di Masjid Agung Kubah Timah, bersama-sama merayakan hari kemenangan umat muslim dan ini terbuka untuk umum.

Tidak hanya itu, ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk hadir di rumah residen atau rumah Wali Kota Pangkalpinang, bersama merayakan lebaran bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang. (dnd)