Pemkot Subsidi Rp10 Ribu untuk Beras Premium

* Pada Operasi Pasar Murah

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang kembali menggelar Operasi Pasar Murah menjelang Idulfitri 1445 hijriah yang berlangsung di Halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (3/4/2024).

Pada operasi pasar ini, pembelian beras menjadi yang pertama diincar masyarakat, bahkan 1,7 ton beras SPHP ludes terjual dalam waktu kurang dari 1 jam.

Melihat antusias masyarakat ini Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan mensubsidi harga beras premium  Rp10.000 ukuran beras 5 kilogram.

“Jadi harga beras premium itu lebih tinggi dari SPHP nah harga itu ternyata mahal bagi masyarakat sehingga kita subsidikan Rp10.000 sementara menunggu tambahan beras SPHP sebanyak 1 ton sedang menuju ke sini lagi,” katanya.

Beras premium jenis RM kemasan 5 Kilogram sebelumnya seharga Rp76.000, disubsidi menjadi Rp65.000, beras cap sendok seharga Rp72.000, disubsidi menjadi Rp62.000.

“Karena masyarakat antrenya banyak, karena mungkin menjelang lebaran kebutuhan masyarakat juga kepada beras semakin tinggi ditambah harga beras yang saat ini masih tinggi dipasaran,” ujarnya.

Ia juga mengatakan jika operasi pasar murah terakhir akan digelar di Tuatunu. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk membeli bahan pokok sesuai dengan kebutuhannya.

“Jangan menumpuk dan jangan masak terlalu banyak, karena kan sayang ya di rumah cuma berdua atau bertiga, tapi makanan di mejanya penuh dan tidak ada yang makan, malah nanti dibuang, mau dipanasin berlebihan pun itu sudah tidak sehat lagi,” ujarnya. (dnd)