Sejumlah Strategi ASDP Cegah Penumpukan Para Pemudik

BANGKA BARAT, LASPELA – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bangka mulai menyiapkan sejumlah skenario untuk menghadapi lonjakan pemudik di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok, Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pada momen idul fitri tahun 2024 mendatang.

“Dalam menghadapi event lebaran 2024, sudah siap melakukan angkutan lebaran, kita sudah menyiapkan sarpas (sarana dan prasarana), yang ada bagi pengguna jasa, mulai dari MCK (Mandi, Cuci, Kakus), kita tambah nanti dengan toilet portabel,” kata GM ASDP Cabang Bangka, Ardhi Ekapaty, Minggu (31/3/2024).

Selain itu, Ardhi mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten hingga tingkat provinsi untuk menambah sejumlah fasilitas yang ada di buffer zone atau kantong parkir.

“Kita juga ada tempat buffer zone, awal masuk dari dari batu rakit, sudah kita melakukan peninjauan dan simulasi dengan wakil bupati dan kapolres. Masuk di batu Rakit itu, nanti ada stopper melakukan pengecekan bagi pengguna jasa,” ucapnya.

Untuk memberikan kemudahan bagi pemudik lebaran Idulfitri kali ini, pemerintah setempat menyiapkan 2 buffer zone yang terletak di kawasan wisata Batu Rakit dan di samping kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian.

“Kalau yang sudah bertiket bisa langsung masuk ke buffer zone yang ada di samping pelabuhan, kalau belum nanti ada tempat untuk dilakukan edukasi, atau diajarkan cara memesan tiket, ada petugas ASDP yang akan membantu reservasi kepada pengguna jasa yang belum memiliki tiket online,” katanya.

Dengan sejumlah skenario dan persiapan yang dilakukan pengelola, diharapkan tidak ada antrean panjang atau penumpukan calon pemudik di kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian pada momen lebaran tahun 2024 ini. (oka)