Hindari Kecurangan, Polres Babar Periksa SPBU

BANGKA BARAT, LASPELA – Menghadapi arus mudik lebaran tahun 2024, sejumlah SPBU di Kabupaten Bangka Barat (Babar), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diperiksa polisi setempat. Tindakan ini untuk memastikan ketepatan takaran pompa dan kualitas dari bahan bakar minyak (BBM).

“Kami belum temukan kecurangan takaran maupun BBM yang tercampur air. Selain itu, stok BBM di setiap SPBU juga aman,” kata Kasatreskrim Polres Babar, AKP Ecky Widi Prawira, Sabtu (30/3/2024).

Ecky mengatakan, semua SPBU di wilayah hukumnya akan dilakukan pengecekan rutin, terutama pada saat momen mudik hingga perayaan lebaran Idulfitri.

“Pengecekan ini untuk menjamin stok BBM aman, serta melindungi masyarakat dari kecurangan takaran, bahan bakar yang tercampur air, maupun pemalsuan BBM,” ucapnya.

Kemudian dikatakan Ecky, pihaknya juga akan melakukan monitoring rutin, memastikan tidak terjadi penyalahgunaan BBM bersubsidi yang dilakukan oleh penggerit.

“Patroli dialogis untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di SPBU, seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang berpotensi menimbulkan keributan,” ujarnya.

Ditegaskan Ecky, apabila ditemukan kecurangan oleh pihak SPBU atau oknum yang merugikan, pihaknya akan langsung mengambil tindakan hukum.

“Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, seperti penyegelan, pidana, hingga denda bagi SPBU yang ditemukan mencurangi meteran,” ucapnya. (oka)