Masuk Kandang Ayam, Ular Sepanjang Tiga Meter Dievakuasi Petugas Damkar

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Seekor ular Sanca berhasil dievakuasi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bangka yang masuk kandang ayam milik Sarmidi, warga Sripemandang, Sungailiat.

Kasi Investigasi dan Pendataan Damkar Satpol-PP Bangka, Rudi Ardiansyah mengatakan, evakuasi ular tersebut dilakukan oleh Regu 1 setelah mendapat laporan dari warga, jika ada ular yang memangsa ayamnya.

“Setelah mendapat laporan kita langsung meluncur ke lokasi dan melihat ular sudah masuk dan memangsa ayam,” kata Rudi, Jumat (29/3/2024).

Tak butuh waktu lama, petugas langsung berhasil mengamankan ular sanca sepanjang tiga meter tersebut dari kandang ayam.

“Anggota Damkar Bangka ini tugasnya bukan hanya memadamkan api saat kebakaran saja. Namun juga menolong masyarakat yang membutuh bantuan darurat, seperti menangkap ular berbahaya yang masuk ke pemukiman warga, mengevakuasi binatang dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Sarmidi mengaku lega setelah ular berhasil diamankan petugas, walaupun harus mengorbankan satu ekor ayam.

“Alhamdulliah saya mengapresiasi langkah cepat, tegas dan lugas dari petugas telah berhasil amankan ular dari kandan ayam saya, saya ucapkan terima kasih,” ucapnya. (mah)