Ingatkan ASN Bayar Zakat, Lusje: Membersihkan Harta

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota Pangkalpinang untuk tidak lupa membayar zakat.

Ia mengapresiasi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang, yang membuka Fundraising Ramadan untuk mengingat kewajiban dan mempermudah ASN membayar zakat.

Lusje juga mengingatkan kepada para jajarannya untuk jangan takut menyalurkan zakatnya di Banzas. Karena sudah lima kali pada safari Ramadan yang diikuti pun oleh Lusje, Banzas menyalurkan zakat.

“Rutin Baznas menyalurkan zakatnya, dalam lima kali Safari Ramadan, Baznas menyalurkan hingga lima kali dengan jumlah Rp42 juta. Itu adalah uang-uang dari bapak ibu yang dikasih ke Banzas dan disalurkan,” tuturnya.

“Karena dengan zakat inilah bisa membersihkan harta kita, dan kita harus ingat dalam harta kita ada hak orang lain disitu,” ingatnya.

Dengan zakat berkah yang didapatkan pun diluar nalar dan tak jarang tidak masuk logika, karena Allah tahu hamba nya suka berhitung.

“Jangan pernah takut dengan janji Allah karena tidak mungkin Allah ingkar janji, bukan seperti kita yang hanya manusia biasa,” tuturnya.

Tahun ini besaran zakat ditetapkan sebesar Rp40.000 tiap orang atau 2,5 kg beras. Lain lagi dengan zakat maal atau zakat yang dikenakan atas segala jenis harta, secara zat maupun substansi perolehannya tidak bertentangan dengan ketentuan agama.

Sebagai contoh, zakat maal terdiri atas simpanan kekayaan seperti uang, emas, surat berharga, penghasilan profesi, aset perdagangan, hasil barang tambang atau hasil laut, hasil sewa aset dan lain sebagainya.(dnd)