Fundraising Baznas Kota Dibuka hingga Sore,  Bayar Zakat Lebih Mudah

PANGKALPINANG, LASPELA – Fundraising Ramadan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang telah dibuka di halaman kantor Wali Kota Pangkalpinang, dari pukul  9 pagi hingga 4 sore.

Kepala Baznas Kota Pangkalpinang, Kurnia mengatakan Fundraising Ramadan ini diperuntukkan kepada para ASN atau kepala daerah untuk memudahkan dalam pembayaran zakat.

“Hari ini kita buka, kita tutup sampai pukul 4 sore. ASN, kepala daerah, pengusaha dan masyarakat jika ingin membayar zakat silahkan langsung ke kantor Baznas,” katanya, Kamis (28/3/2024).

Kurnia juga mengatakan jika Fundraising ini sudah tiga tahun berjalan dan merupakan kegiatan rutin setiap tahun. “Alhamdulillah setiap tahunnya kita menggelar ini, uangnya juga setiap hari kita salurkan langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan terkait pembayaran zakat tahun ini, diantaranya zakat maal, zakat profesi dan zakat fidyah mempunyai besaran yang berbeda. Sementara zakat emas jika mempunyai 85 gram maka wajib membayarkan zakat.

“Sementara untuk zakat fitrah kita tetapkan Rp40 ribu, dilihat dari harga beras kita pukul rata Rp16 ribu per kilogram sehingga 1 orang Rp40 ribu. Namun tergantung dari dia mengonsumsi beras apa, kalau harga berasnya Rp20 ribu per kilo maka dia harus membayar Rp50 ribu,” tuturnya.

Untuk tahun ini, Baznas Kota Pangkalpinang menargetkan zakat dapat terkumpul hingga Rp800 juta. “Kita tidak muluk-muluk, jika tahun kemarin kita bisa mengumpulkan dan menyalurkan hingga Rp600 juta, mata tahun ini kita targetkan lebih dari Rp600 juta hingga Rp800 juta,” tutupnya. (dnd)