Pj Wali Kota Diminta Kawal Isu Strategis Pilkada dan Tata Kelola Pemda

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) isu-isu strategis pelaksanaan Pilkada dan tata kelola Pemerintah Daerah (Pemda) yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) melalui zoom meeting, Rabu (27/3/2024).

“Saya meminta para Pj dapat melaksanakan penugasan dengan baik  karena Pj kepala daerah memiliki tugas yang sama dengan kepala daerah definitif,” ujar Mendagri RI, Tito Karnavian, dalam rapat tersebut.

Ia mengingatkan para Pj kepala daerah ini harus loyal dengan pimpinan tertingginya, yaitu presiden dan tentunya dengan Mendagri dan prinsip ini harus dijadikan langkah dalam menjalankan tugas.

“Perilaku juga harus menyesuaikan dengan tujuannya, Pj yang bertugas mengisi kekosongan agar roda pemerintahan berjalan dan pelayanan publik tetap berjalan untuk menunjukkan kehadiran negara,” pesannya.

Kemendagri pun akan melakukan evaluasi pelaksanaan tugas penjabat kepala daerah secara rutin dan berkala.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan mengatakan instruksi tersebut tentu harus dijalankan semua Pj.

“Karena memang kita diperintahkan oleh Mendagri dan Presiden, sehingga memang tugas-tugas yang sudah diberikan harus dikerjakan,” katanya.

“Tentu saya mencoba untuk bekerja sebaik mungkin di Pangkalpinang, memastikan semua berjalan dengan baik sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat,” tambah Lusje.

Seperti diketahui ada beberapa fokus yang menjadi prioritas utama Lusje dalam menjabat sebagai Pj Wali Kota Pangkalpinang, yaitu stunting dan inflasi. (dnd).