Perumdam Tirta Pinang Resmikan Jaringan Pipa Distribusi dan Tersier di Perumahan Dealova

PANGKALPINANG, LASPELA – Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Pinang meresmikan jaringan pipa distribusi dan tersier di Kecamatan Gerunggang, lebih tepatnya di Perumaham Dealova, Selasa (26/3/2024).

Pelaksanatugas (Plt) Kepala Perumdam Tirta Pinang, dr. Masagus Hakim mengatakan, jika perdistribusian air Perumdam di komplek Perumahan Dealova sudah lama diharapkan hadir, sebenarnya pun pipa-pipa sudah lama ada namun tidak diaktifkan lagi.

“Karena tingkat produksi air yang belum memungkinkan, sehingga perlu waktu untuk air PAM kembali hadir disini. Ini juga sesuai dengan perintah Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang,” tuturnya.

Dengan perintah tersebut, akhirnya Perumdam Tirta Pinang berinisiatif untuk mengaktifkan lagi pendistribusian di daerah ini.

“Sebenarnya ini sudah ada sejak 2016, namun memang tidak diaktifkan, kami perbaiki dan sekarang mulai diaktifkan lagi dan kami berkomitmen akhir bulan ini harus sudah mengalir,” tuturnya.

Untuk sementara daerah-daerah di Kecamatan Gerunggang yang sudah dilakukan perdistribusian air PAM ialah jaringan jalur 12, Dealova, Tua Tunu dan Gandaria.

Permasalahan warga sekitar ialah tidak adanya sumber air tanah, sehingga masyarakat hanya mengharapkan sumber dari air hujan. Ia berharap dengan adanya aliran air ini, bisa memenuhi kebutuhan warga di Perumahan Dealova dan sekitarnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya jaringan yang baru ini bisa bertahan lama, karena kita belum tahu tingkat ketahanannnya,” tuturnya. (dnd)