Bawaslu Gelar Konsolidasi dengan Media Jelang Pilkada Serentak

BANGKA TENGAH, LASPELA – Badan Pengawaw Pemilu (Bawaslu RI) menyelenggarakan kegiatan Konsolidasi Media dalam Rangka Penguatan Pemberitaan pada Pemilihan Serentak Tahun 2024,  sebagai desiminasi informasi pengawasan penyelenggaraan pada Pemilu mendatang.

Kegiatan tersebut menggandeng Bawaslu Babel serta media nasional maupun lokal yang ada di Babel baik cetak, online maupun elektronik, yang berlangsung di Esenbi Cafe & Resto Desa Padang Baru Provinsi Bangka Belitung (Babel), Sabtu (23/3/2024) sore.

Dalam kesempatan ini, Ketua Bawaslu Babel EM Osykar mengatakan, kegiatan hari ini merupakan kegiatan awal dalam menkonsolidasikan di jajaran media terkait pemberitaan yang nanti kedepannya akan banyak bermunculan, terutama pada pesta demokrasi Pemilihan Serentak 2024.

“Seperti kita ketahui Pemilu serta Pemilihan Serentak tetap digelar tanggal 27 November 2024, dilaksanakan di tujuh Kabupaten/Kota dan tingkat provinsi juga terkait pemilihan gubernur,” ujarnya.

Untuk itu, Bawaslu RI datang ke Bangka Belitung, untuk menggagas kegiatan awal ini. Pihaknya berharap juga kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi serta penguatan untuk keberlanjutan kedepannya dalam hal bermitra.

“Sebagaimana kita ketahui Bawaslu tidak dapat bekerja sendiri terutama dalam hal menginformasikan terkait pemberitaan nanti selama tahapan pada Pemilihan Serentak 2024,” kata Osykar.

Lanjutnya, untuk saat ini harus menyamakan persepsi bahwa pesta demokrasi khususnya Pemilihan Serentak ini memang akan berbeda dengan pemilu serentak dalam hal ini nasional.

“Banyak hal nanti yang akan kita hadapi, terutama terkait beberapa calon serta kandidat yang kemungkinan akan hadir dan muncul menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam yang akan muncul sebagai kandidat,” jelasnya.

“Kita berharap dengan munculnya para calon serta kandidat kepala daerah tersebut, masyarakat bisa mengawal Demokrasi ini agar berjalan dengan sukses, aman dan lancar,” harap Osykar.

Osykar juga menambahkan, Bawaslu Babel juga mendapatkan apresiasi dari Bawaslu RI, terbukti di tingkat Nasional Bangka Belitung meraih 3 penghargaan. Pertama sebagai Humas terbaik, kedua pemberitaan terbaik dan juga mitra-mitra teman-teman media terbaik untuk Provinsi dan juga di Kabupaten/ Kota.

“Ini semangat kami untuk bekerja lebih giat lagi lebih maksimal lagi dalam pemilihan serentak, setidaknya Pemilu serentak kemarin di Babel sudah menjadi cermin bahwa kondisinya aman dan lancar,” tuturnya.

“Kami juga berharap teman-teman media selain sebagai penyampai informasi juga sebagai Cooling asystem, karena dengan pemberitaan yang menyejukkan bisa menjaga keamanan ketertiban di masyarakat,” pungkas EM Osykar.

Sementara itu, Humas Bawaslu RI, Fahdil Fitra Handianata selaku Panitia Konsolidasi mengatakan kegiatan ini bermaksud untuk menjaga integritas proses demokrasi yang bersifat objektif, akurat dan tidak dipengaruhi kepentingan politik tertentu.

“Selain itu dengan konsolidasi ini terbentuk kerjasama yang erat antar Bawaslu dan media massa sekaligus agar tidak ada penyebaran pemberitaan hoaks di pemilihan serentak tahun ini,” tutupnya.(chu)