Berantas Narkoba, Haris Minta Semua Pihak Berperan Aktif

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Penjabat Bupati Bangka, Muhammad Haris meminta semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat untuk berperan aktif memerangi narkoba di daerah itu.

Pasalnya, ia menilai bahwa narkoba akan memberikan dampak buruk bagi masyarakat, terutama generasi penerus bangsa.

“Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka perannya sangat besar dalam memberantas narkotika, hal ini juga harus didukung semua elemen masyarakat termasuk pemerintah,” kata Haris, Kamis (21/3/2024).

Bahkan menurutnya, pemerintah harus menjadi contoh untuk pencegahan narkotika dan memperkuat pemberantasan barang haram itu.

“Peran pemerintah daerah juga sangat besar seperti halnya di Kabupaten Bangka melakukan tes narkoba kepada tenaga kontrak dan hasilnya dapat diketahui ada atau tidak penyalahan narkoba pada pegawai yang berada dilingkup kerja tersebut,” ujarnya.

Haris juga mengakui bahwa, permasalahan narkotika ini tidak memandang umur, ras, suku, agama bahkan bersifat urgen dan kompleks.

“Apabila kita tidak melakukan upaya pencegahan sejak dini, sejak sekarang dan secara serius dalam pemberantasan penyalahan narkotika, maka ini akan berdampak buruk kepada kesehatan, perkambangan sosial budaya, keamanan, bahkan ekonomi,” ucap haris.

Sehingga, kata Haris, pencegahan penyalahan narkotika ini harus dimulai dari level terendah mulai dari tingkat desa/kelurahan sebagai langkah yang strategis dalam pencegahan narkotika. (mah)