Pembangunan Lanjutan Masjid Kubah Timah, Johan: Lengkapi Fungsi Ibadah

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Badan Pelaksanaan Masjid Agung Kubah Timah, Johan Muhammad Yasin menyambut baik rencana pemerintah Kota Pangkalpinang untuk melanjutkan pembangunan masjid yang saat ini memang belum rampung 100 persen dari rencana awal.

Ia mengatakan dengan pembangunan lanjutan ini tentu akan semakin banyak kegiatan keagamaan yang digelar, serta lengkapnya fasilitas di masjid yang menjadi ikon Kota Pangkalpinang tersebut.

“InshaAllah Pemkot akan membangun itu di 2025 ada 2 dome lagi yang harus dibangun, tentu dengan pembangunan ini akan semakin banyak ruangan di Masjid Agung Kubah Timah dan akan semakin banyak kegiatan keagamaan yang bisa dilaksanakan  serta masyarakat pun bisa memanfaatkan itu,” ujarnya, Kamis (21/3/2024).

Saat ini masjid lantai bawah dipergunakan untuk sholat sedangkan untuk lantai dua diperuntukkan untuk ruang pertemuan kegiatan-kegiatan taklim, kegiatan berkumpul masyarakat, dan juga kegaitan anak-anak ormas.

Dengan ditambah 2 dome lagi juga akan ada islamic center dan pusat-pusat kajian di Kota Pangkalpinang.

“Sehingga dengan adanya dua dome ini, Masjid Kubah Timah bukan hanya berfungsi untuk sholat semata tetapi ada fungsi-fungsi ibadah, fungsi pendidikan dan sebagai sarana belajar Al-Quran untuk anak-anak, dan juga untuk kajian Al-Quran dan untuk kegiatan keagamaan lainnya,” tuturnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan demi kenyamana bersama masyarakat harus bersama-sama menjaga kebersihan masjid. “Buanglah sampah pada tempatnya jangan buang sembarangan karena masjid itu kan bersih, semakin bersih akan semakin bagus dan semakin banyak yang berkunjung ke Masjid Agung Kubah Timah,” imbaunya. (dnd)