Dinkes Bangka Imbau Pedagang Takjil Jual Makanan Sehat

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka mengimbau para pedagang takjil untuk menjual pangan yang sehat.

Sub Koordinator Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Susilawati mengatakan, hal itu agar para konsumen aman saat mengkonsumsi makanan tersebut.

“Bagi pedagang tolong ada hak konsumen di situ, jadi konsumen yang membeli itu mereka berhak mendapatkan pangan yang baik,” kata Susilawati di Sungailiat, Selasa (19/3/2024).

Untuk mendapakan pangan yang baik, kata dia, dimulai dari proses bahan baku yang sehat, olahan higienis, air bersih hingga pengemasan dan penjualan gunakan kresek yang benar.

“Pengemasan masih seringkali kita temui pengunaan stereofom yang sangat kurang baik, karena menggunakan tiroid yang menjadi pemicu kanker,” ujarnya.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dan bisa memilih pangan yang benar-benar sehat untuk dikonsumsi.

“Tetap jaga keseimbangan dan jangan lapar mata, mentang-mentang puasa hingga apapun yang ada dibeli, bisa-bisa lah kita menjaga kesehatan sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Winda warga Cendrawasih Sungailiat mengatakan, dengan adanya lapak-lapak takjil di bulan Ramadan sangat membantu memenuhi kebutuhan makanan jelang berbuka puasa.

“Iya terbantu, karena memang sedikit repot jika harus buat sendiri, waktunya juga tidak memungkinkan untuk buat sendiri,” ujarnya. (mah)