Pemkab Basel Dorong Geliat Ekonomi Masyarakat, Bupati: Bantuan Pangan, UKM, Subsidi Ongkir hingga Operasi Pasar

TOBOALI, LASPELA – Bupati Bangka Selatan (Basel), Riza Herdavid dan wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi terus mendorong geliat perekonomian masyarakat di tengah-tengah ekonomi nasional sedang tidak baik-baik saja saat ini.

Riza mengatakan segala daya dan upaya pemerintah daerah terus digalakkan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat sejahtera.

“Guna mendorong geliat perekonomian sekaligus pengendalian inflasi, kita telah dan terus melakukan sejumlah upaya,” kata Riza, Selasa (19/3/2024).

Hal itu, kata dia dilihat dari terwujudnya upaya yang dilakukan antara lain mulai monitoring harga komoditas strategis secara harian, program bantuan pangan pemerintah, operasi pasar, bantuan pelaku usaha.

“Serta pemanfaatan pekarangan dengan budidaya tanaman, termasuk subsidi ongkos kirim produk ke luar daerah,” ujarnya.

Ia menuturkan, serangkaian program tersebut bersama program lainnya yang dikerjakan oleh seluruh OPD diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk kinerja pengendalian harga dan inflasi, Pemkab Bangka Selatan dinilai oleh pusat sebagai salah satu daerah yang berhasil di Indonesia dan bahkan mendapatkan insentif total keseluruhan sebesar Rp 16,8 miliar, terdiri dari insentif kinerha inflasi 11,8 miliar dan kemiskinan ekstrem 5 miliar,” sebutnya.

Ia berharap upaya yang dilakukan pemerintah daerah ini bisa meningkatkan motivasi agar semakin prima melayani masyarakat Basel.

“Tentu ini saya harapkan akan semakin memotivasi kita (OPD) agar semakin prima melayani masyarakat,” pungkasnya. (pra)