Wabup Basel Apresiasi Upaya BI Babel Kendalikan Inflasi Daerah

* Panen Cabai Rawit di Lahan Ponpes Quran Cahaya

 

TOBOALI, LASPELA – Wakil Bupati (Wabup) Bangka Selatan (Basel) Debby Vita Dewi mengapresiasi langkah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung (Babel) dalam mengendalikan inflasi daerah di Basel. Salah satunya di lahan milik Pondok Pesantren (Ponpes) Quran Cahaya Kabupaten Basel yang ditanami cabai rawit dibina oleh BI Babel telah berhasil dipanen.

Debby mengatakan, lewat program pembinaan yang sudah dilakukan oleh BI Babel dimulai sejak tahun 2022 dalam mengendalikan inflasi daerah, karena dinilai berhasil lewat program tersebut telah menghasilkan puluhan kilogram cabai rawit.

“Jadi, Ponpes Qur’an Cahaya Bangka Selatan yang menjadi binaan Bank BI ini sudah dimulai dari tahun 2022. Serta, sudah 5 kali panen, namun panen terbesar yakni pada hari ini,” kata Debby usai mengikuti panen cabai rawit di Ponpes Qur’an Cahaya, Senin (18/3/2024).

Selain mengapresiasi, Debby juga mengucapkan terima kasihnya kepada pihak BI Babel yang telah menjadikan Ponpes Quran Cahaya Basel masuk dalam program binaan dalam mengendalikan inflasi daerah khususnya di Basel.

“Artinya dengan adanya support pemerintah pusat lewat Bank Indonesia seperti pemberian bibit hingga berhasil panen, tentunya menjadikan Ponpes quran cahaya ini jadi ponpes yang mandiri,” ujarnya.

Sementara, Pimpinan Ponpes Quran Cahaya Ustaz Al Anshori mengucapkan terima kasih kepada pihaknya BI Babel yang telah mendukung ponpes yang dipimpinnya lewat program binaan dalam mengendalikan inflasi daerah mampu menjadikan ponpes ini menjadi lebih mandiri.

“Alhamdulillah, cabai rawit yang kita rawat sendiri dengan melibatkan para guru-guru di sini mampu menghasil kurang lebih sebanyak 50 kilogram per panennya,” ucapnya.

Ia mengaku pihaknya tidak merasa kesulitan dalam pemasaran, karena cabai rawit hasil panen yang dijual di bawah harga pasar guna mendukung pemerintah dalam mengendalikan inflasi daerah.

“Saya sangat berterima kasih kepada BI yang sudah memberikan manfaat yang luar biasa bagi Ponpes serta program pengendalian inflasinya yang sangat membantu di daerah khususnya Kabupaten Basel,” pungkasnya.

Panen tersebut juga dihadiri langsung Deputi Perwakilan BI Babel Nur Fadilah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel Edi Romdhoni, Pj Sekda Basel Haris Setiawan, Plt DPPP Basel Risvandika, Pimpinan ponpes quran cahaya Al Anshori dan tamu undangan lainnya. (pra)