Sampaikan LKPJ Tahun 2023, Pj Gubernur Babel: Penduduk Miskin Menurun

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung Safrizal ZA menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel), Senin (18/3/2024).

Pada kesempatan itu,  Safrizal menyampaikan capaian kinerja makro dari Pemprov Babel selama tahun 2023 yang merupakan cerminan keberhasilan dari pembangunan suatu daerah.

“Dimana hal itu meliputi indeks pembangunan manusia, persentase penduduk miskin, tingkat pengangguran terbuka, laju pertumbuhan ekonomi dan indeks gini pada tahun 2023,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, Safrizal menyebutkan jika persentase penduduk miskin pada Maret 2023 menurun 0,09 persen poin terhadap September 2022, yang menjadikan Bangka Belitung menempati urutan terendah Ke-4 secara nasional, dalam hal persentase penduduk miskin.

“Jumlah penduduk miskin pada Maret 2023 sebesar 68,69 ribu orang, menurun seribu orang terhadap September 2022,” ujar Safrizal.

Safrizal juga menyampaikan, Laju Pertumbuhan Ekonomi ekonomi tahun 2023 tumbuh sebesar 4,38 Persen atau melambat dibanding tahun sebelumnya yang tumbuh sebesar 4,40 Persen.

Perekonomian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (adhb) mencapai Rp102,64 Triliun dan PDRB Atas Dasar Harga Konstan (ADHK) 2010 Mencapai Rp60,34 Triliun,” tuturnya.

Menurut Safrizal usai penyampaian LKPJ, DPRD akan menyampaikan beberapa perbaikan untuk tahun-tahun selanjutnya.

“Ini adalah amanah tiap tahun untuk melaporkan indikasi kinerja tiap tahunan. Nanti DPRD memeriksa, untuk memberikan catatan-catatan untuk kita perbaiki di tahun-tahun ke depan,” jelasnya.

Namun ia menerangkan bahwa belum seluruh harapan, tuntutan, dan kebutuhan masyarakat dapat diwujudkan secara optimal. Sehingga dirinya berharap pihaknya untuk senantiasa bersama-sama dengan segenap komponen untuk terus bekerja sama dan bekerja dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Babel lebih baik di masa yang akan datang.

“Untuk itu, ucapan terima kasih kami sampaikan kepada segenap pimpinan dan anggota dewan yang terhormat, jajaran forkopimda, serta seluruh pemangku kepentingan serta segenap masyarakat Babel atas dukungan dan kerja sama yang baik dalam proses penyelenggaraan pemerintahan selama ini,” pungkasnya.

Selain Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ, DPRD Babel juga dalam kesempatan itu menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Pengajuan Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) serta Rapat Paripurna Penyampaian nama-nama Anggota Panitia Khusus Provinsi Kepulauan Babel Tahun 2024.(chu)