Saat Ramadan, Volume Sampah di Bangka Naik 10 Persen per Hari

SUNGAILIAT, LASPELA — Di bulan Ramadan 1445 Hijriyah, volume sampah di Kabupaten Bangka mengalami peningkatan 10 hingga 15 persen per hari.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Ismir Rahmaddinianto mengatakan, peningkatan ini lebih tinggi terjadi di hari Minggu dan Senin.

“Kita ketahui saat ini banyak jualan masyarakat di bulan Ramadan ini, atau pasar Ramadan, serta juga di momen libur banyak digunakan masyarakat bersih-bersih rumah dan pekarangan,” kata Ismir, Senin (18/3/2024).

Adanya peningkatan volume sampah ini, pihaknya menambah rotasi ataupun muatan sampah yang diangkut dari kontainer dan tempat lainnya untuk dibawa ke TPA yang disediakan.

“Ini terjadi hampir di setiap moment Ramadan, idul fitri serta hari besar lainnya, dari yang biasanya 60 ton per hari, meningkat 10-15 persen,” ujarnya.

Dia meminta masyarakat untuk sampah tebangan pohon untuk tidak dibuang di kontainer yang disediakan, karena itu khusus untuk sampah rumah tangga.

“Kalau sampah-sampah tebangan pohon, mungkin bisa menghubungi pihak kelurahan ataupun DLH yang akan membantu dalam pengangkutan,” tutupnya. (mah)