Penyerapan APBD 2024 Belum Maksimal, Lusje Targetkan Triwulan Pertama Tembus 20 Persen

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Pangkalpinang dapat menggenjot penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang hingga saat ini belum maksimal.

Lusje mengatakan jika triwulan I tinggal 12 hari lagi, untuk itu dengan waktu yang tersisa  penyerapan APBD diharapkan dapat tembus 20 persen.

“Jadi rapat ini supaya menggenjot agar di triwulan I plus minus harus 20 persen lah,  kan kita masih punya waktu 12 hari lagi, maka saya minta kepada teman-teman untuk menggenjot serapan supaya signifikan,” katanya, Senin (18/3/2024).

Ia mengatakan, jika penyerapan APBD yang ideal ialah pada triwulan I sebesar 20 persen, triwulan II  30 persen dan seterusnya, agar pada akhir tahun tidak terjadi kejar-kejaran.

“Karena Januari belum berjalan kan, nah di genjot pada Februari dan Maret seharusnya sudah mulai maka ideal sekitar 20 persen untuk triwulan I,” ujarnya.

Kegiatan yang harus dilakukan saat ini dikatakan Lusje ialah memaksimalkan hibah-hibah yang harus dikeluarkan maka segera untuk dikeluarkan.

“OPD yang belum lelang segera dilelang dan sudah lelang, mungkin harus DP serapan tetap  harus sesuai dengan ketentuan,” perintahnya. (dnd)