Dua Capaian Pelayanan Masyarakat Tak Sesuai Standar, Sekda Sebut Kesalahan Input

PANGKALPINANG, LASPELA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego menegaskan menurunnya capaian pelayanan publik di Kota Pangkalpinang pada tahun 2023 lalu bukan berarti pemerintah tidak memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia menilai, bisa saja hal ini dikarenakan salah input.

Dua sektor pelayanan masyarakat yang disebut mengalami penurunan atau tidak memenuhi  Standart Pelayanan Masyarakat (SPM), yaitu Dinas PUPR terkait dengan air bersih dan Satpol PP terkait pelayanan kebakaran.

“Seperti contohnya Satpol PP, karena tidak terjadi kebakaran kok malah pencapaiannya turun, padahal semakin tidak ada bencana kan semakin bagus, sehingga ini akan kita audensi kesalahannya dimana,” katanya, Senin (18/3/2024).

Sehingga nanti kedepan tidak terjadi lagi kesalahan, karena menurutnya ketika tidak ada bencana di Pangkalpinang justru akan  bagus dan capaian SPM nya juga bagus.

Kedepan Pemerintah Kota Pangkalpinang akan memaksimalkan capaian SPM terutama pada enam urusan SPM pertama dari organisasi Perangkat Daerah (PD) Dinas Kesehatan terkait dengan kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan urusan pendidikan, PUPR, kemudian Perumahan dan Pemukiman (Perkim) rumah layak huni, Trantibum Linmas dan Dinas Sosial. (dnd)