Cegah Tindak Kejahatan dan Kenakalan Remaja, Polres Basel Gelar Patroli 

 

TOBOALI, LASPELA – Jajaran Polres Bangka Selatan (Basel) melaksanakan patroli on the road di sepanjang jalan protokol Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Minggu (17/3/2024).

Kegiatan patroli yang dilaksanakan pada malam dan dini hari itu, telah menyisir jalan raya Desa Gadung, jalan Jendral Sudirman, Puput, Teladan, hingga Simpang Lime Habang tersebut guna mengantisipasi tindak kejahatan, gangguan kamtibmas, serta menciptakan rasa aman kepada masyarakat saat menjalani ibadah di bulan Ramadan 1445 H.

Kapolres Basel AKBP Trihanto Nugroho mengatakan, patroli yang dilaksanakan secara rutin yang ditingkatkan (KRYD) tersebut, sebagai pelayanan prima dalam rangka menetralisir gangguan kamtibmas selama bulan suci Ramadhan 1445 H.

“Seperti yang telah dilakukan dini hari tadi Minggu, (17/3/2024). kita dari Polres Basel melaksankan patroli gabungan yang diikuti oleh beberapa anggota dari beberapa satuan fungsi dalam rangka mengantisipasi kejahatan jalanan di seputaran Kota Toboali ini,” kata Trihanto, Senin (18/3/2024).

Ia menyebutkan, patroli on the road malam dan waktu sahur itu guna mencegah tindak kejahatan dan kenalan remaja, karena dinilai waktu atau jam rawan untuk melakukan tindak kejahatan.

“Seperti tindak kejahatan begal, perang sarung, sajam/senpi, petasan, balap liar, maupun pengendara yang memakai knalpot brong. Karena memang waktu dini hari adalah jam rawan,” ungkap Kapolres.

Untuk itu, Trihanto berharap dengan adanya kendaraan dinas rotator yang menyala saat patroli, dapat mengurungkan niat para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan aksinya.

“Petugas kami juga selalu melaksanakan pemantauan secara rutin dengan kendaraan dinasnya, yang memang mengantisipasi tindak kejahatan jalan, ataupun gangguan kamtibmas lainnya. Sehingga kerawanan gangguan kamtibmas wilayah hukum Polres Basel dapat kita antisipasi sedini mungkin,” pungkasnya. (pra)