Banyak Manfaat, Ini Waktu yang Tepat Donor Darah ketika Berpuasa

PANGKALPINANG, LASPELA – Donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dikala berpuasa ada berbagai macam tips agar pendonor tetap bisa melakukan donor darah saat menjalankan ibadah.

Salah satu petugas laboratorium PMI Kota Pangkalpinang, Tri Apriyana mengatakan  donor darah sangat dianjurkan saat berpuasa, bahkan donor darah juga sangat aman dilakukan. Hanya saja ada tips-tips tersendiri bagi para pedonor jika ingin mendonorkan darahnya pada saat sedang berpuasa.

“Ada peningkatan risiko efek samping donor darah pada pendonor karena kurangnya hidrasi dan asupan makanan saat memasuki tengah hari berpuasa, sehingga sebaiknya donor tidak dilakukan saat siang atau sore hari,” ujarnya, Minggu (17/3/2024).

Donor darah sebaiknya dilakukan saat pagi atau malam hari setelah berbuka puasa, karena pada waktu-waktu ini cadangan air masih memadai untuk dilakukannya donor.

“Karena pada waktu pagi itu kan kita selesai sahur sedangkan malam kita sudah berbuka puasa sehingga banyak kondisi badan masih fit,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, sebelum melakukan donor, para pendonor harus memastikan kondisi tubuhnya fit dan terhidrasi dengan baik.

“Dengan cara meminum air yang banyak, Itulah mengapa donor darah pada bulan puasa dianjurkan setelah sahur atau berbuka puasa ketika tubuh baru mendapat asupan cairan,” jelasnya.

Tidak hanya itu, hal ini juga memudahkan petugas untuk mencari pembuluh darah, memenuhi kebutuhan cairan sebelum donor darah bisa mempercepat waktu donor. (dnd)