Sempat Dikabarkan Hilang, Firdaus Ditemukan Selamat

BANGKA BARAT, LASPELA – Warga Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bebel) atas nama Firdaus (47), yang sempat dikabarkan hilang sejak Rabu (13/3/2024) lalu, ditemukan dalam keadaan selamat, pada Sabtu (16/3/2024). Diketahui, Firdaus mengalami putus kontak saat berada di Perairan Air Menduyung, Bangka Barat. Terakhir dia menelepon kerabatnya di Desa Bukit Terak, meminta diantarakan BBM.

“Terus ada nelpon kehabisan minyak, jadi dibawa minyak dari sini, tapi sekali kesana nggak ketemu, di telfon nggak aktif lagi,” kata Kades Bukit Terak, Romlan pada Jumat (15/3/2024) kemarin.

Danpos SAR Unit Mentok, Yurizal mengatakan, setelah terombang-ambing selama beberapa hari, Firdaus diselamatkan nelayan pada Jumat (15/5/2024) dan dibawa ke Sumatera Selatan (Sumsel).

“Hari jumat korban diselamatkan kapal nelayan dan dibawa ke Sungai Lumpur (Sumsel) untuk mengisi BBM. Pada pukul 08.15 korban berkomunikasi dengan istri korban dan melanjutkan perjalanan pulang pulang ke Desa Bukit Terak,” katanya, Sabtu (16/3/2024).

Saat ini SAR Gabungan yang sempat melakukan pencairan Firdaus di perairan Bangka Barat, masih menunggu kedatangan Firdaus di Pantai Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpang Teritip.

“Pada pukul 10.05 korban sampai di dermaga permis (Basel) untuk menambah bbm dan logistik, selanjutnya jam 10.45 melanjutkan kembali perjalanan ke Desa Bukit Terak,” ujarnya.

Sementara itu, istri dari korban, Neli (35) menerangkan bahwa suaminya pergi berpamitan berlayar dari Desa Bukit Terak, Kabupaten Bangka Barat (Babar), untuk membeli ikan di wilayah Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, pada Kamis (7/3/2024) lalu. Selama berlayar, Firdaus tidak pernah menghubungi istrinya.

Neli mengaku, dirinya juga tidak mengetahui suaminya kehabisan BBM saat akan kembali ke Desa Bukit Terak, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat (Babar).

“Taunya (Firdaus hilang) dari orang seberang (Sumsel). Kalau orang seberang itu tidak memberikan informasi ya saya tidak tahu. Tidak sempat berkomunikasi dengan saya, dia ada komunikasi sama Bahari kalau habis BBM,” ucap Neli, Sabtu (16/3/2024).

“Berangkat dari rumah itu hari Kamis pekan kemarin, terus hilangnya infonya Rabu seminggu lebih kurang. Begitu tau informasi langsung saya mengabarkan tetangga yang ada di sini (Bukit Terak) dan melaporkan ada yang Kuala Sugian ikut juga mencari,” katanya.

Diketahui Firdaus telah Terombang-ambing selama 3 hari di laut, setelah akhirnya di selamatkan nelayan pada Jumat (15/3/2024) kemarin. Neli bersyukur suaminya ditemukan selamat.

“Tadi pagi dia ada nelpon, ini kita menunggu dia berlayar dari Permis Bangka Selatan, alhamdulillah bersyukur karena selamat itu,” ucapnya. (oka)