Tiga OPD dan Sekolah Terima Award dari Baznas, Sekda: Berzakat Itu Keren

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang memberikan award kepada sekolah dan organisasi Perangkat Daerah (PD) di Kota Pangkalpinang yang memberikan zakat dengan jumlah terbesar, Kamis (14/3/2024).

Pemberian award ini merupakan apresiasi dari Baznas Kota Pangkalpinang, karena dengan kebersamaan dalam berzakat tentu akan menjadi manfaat besar bagi masyarakat yang membutuhkan dengan award ini pun dapat menjadi pemicu sekolah serta OPD lainnya untuk berzakat

Untuk tingkat sekolah SD, penyaluran zakat paling besar yang diberikan oleh
SDN 33 Kota Pangkalpinang dengan total zakat Rp15,740 juta, disusul SDN 44 Kota Pangkalpinang sebesar Rp5,567 juta, dan terakhir SDN 12 Kota Pangkalpinang dengan total zakat yang tersalurkan melalui Baznas Rp5,390 juta.

Sementara, tingkat SMP sumbangan terbesar SMP Negeri 1 Pangkalpinang dengan zakat sebesar Rp37,270 juta SMP Negeri 2 sebesar Rp33,136 juta, dan SMP N 9 Kota Pangkalpinang total zakat sebesar Rp22,491 juta.

Pada tingkat OPD pada posisi ketiga ada Bakeuda Kota Pangkalpinang sebesar Rp66,164 juta, kedua Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang Rp 81,133 dan pada posisi pertama ialah Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang sebesar Rp191,944 juta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego mengatakan dengan award yang diberikan menambah semangat dalam memperbaiki zakat, zakat pula adalah kewajiban umat muslim.

“Penghargaan ini diberikan kepada sekolah dan OPD yang paling banyak zakatnya dan ini menjadi motivasi kita karena istilahnya seperti yang saya sampaikan perbaiki zakat adalah keren, karena dengan berzakat tentu kita akan tenang didunia dan akan tenang diakhirat, dan berbagi itu keren,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada kepala OPD agar meningkatkan zakatnya bagi yang telah memenuhi syarat ber zakat, karena akan membantu masyarakat.

“Juga memabantu Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam rangka menangani kemiskinan, ini sangat membantu, untuk itu kami support dengan kegiatan-kegiatan dari Baznas ini,” pungkasnya. (dnd)