Pertengahan Maret, Intensitas Hujan Menurun

* Awal April 2024 Kembali Basah

PANGKALPINANG, LASPELA – Intensitas hujan pada awal Ramadan sempat meningkatkan, tetapi dari prakiraan  Badan Meteologi Klimatologi dan Geosifika (BMKG) Pangkalpinang intensitas hujan akan menurun memasuki menjadi kategori rendah yaitu 0-50 mm/dasarian pada pertengahan Maret 2024.

“Pada wilayah Bangka Belitung selama tiga dasarian (10 hari-an) ke depan masih terdapat potensi terjadinya hujan, diprakirakan selama tiga dasarian ke depan penurunan curah hujan hanya terjadi pertengahan Maret  atau awal puasa dan pada akhir Maret dan awal April (pertengahan dan akhir puasa) lebih cenderung basah,” kata Prakirawan Stasiun Klimatologi Bangka Belitung Normi, Kamis (14/3/2024).

Sementara pada akhir Maret dan awal April curah hujan diprakirakan akan terjadi kenaikan kembali sekitar 51-150 mm/dasarian (kategori menengah), pada pertengahan puasa intensitas curah hujan akan sering terjadi.

“Kalau beberapa hari terkahir kita lihatkan hujan memang cenderung minim, namun masyarakat harus tetap waspada,” ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarkat untuk lebih sering memantau keadaan cuaca, dari perubahannya berdasarkan data hingga analisis terkini selama 7 hari 24 jam.

“Kami harap masyarakat tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipatif terhadap kondisi terkini cuaca yang berpotensi terjadi dalam seminggu ke depan,” ujarnya. (dnd)