Operasi Pasar Murah, UMKM Boleh Ikut Jajakan Produk Tanpa Ada Persyaratan

PANGKALPINANG, LASPELA – Operasi Pasar Murah akan digelar kembali di Kota Pangkalpinang, ada lima titik operasi pasar murah yang akan berlangsung pada April hingga Juli mendatang.

Kepala Disperindagkop Kota Pangkalpinang Andika Saputra mengatakan operasi pasar murah akan melibatkan 10 distributor, ritel modern atau KWT.

“Jadi akan ada 10 distributor, ritel modern atau KWT yang nantinya akan terlibat, dengan keterlibatan mereka inilah diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan pokok (bapok) masyarakat kita,” ujarnya, Jumat (15/3/2024).

Tidak ada persyaratan khusus bagi distributor, ritel modern atau KWT maupun para pelaku UMKM yang ingin bergabung pada operasi pasar murah.

“Selama tempat atau meja masih tersedia UMKM bebas bergabung dalam kegiatan operasi pasar, sementara distributor kami utamakan yang berjualan bahan pokok,” katanya.

Sementara untuk UMKM yang mau ikut bergabung dibebaskan berjualan apa saja, sesuai produk yang dijual. “Asalkan mereka mematuhi aturan dan tertib silahkan saja mau bergabung dan mendaftar langsung ke kami, agar dilihat kuota mejanya masih tersedia atau tidak,” ujarnya.

Sementara target Operasi Pasar Murah ini adalah untuk masyarakat umum, sehingga ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokoknya menjelang lebaran dan sesudah lebaran.

“Ini juga menjadi upaya kami dalam menekan inflasi di Kota Pangkalpinang,” tukasnya. (dnd)