Dukung Digitalisasi Keuangan, Pemkot Pangkalpinang Berencana Terapkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang akan segera menerapkan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD), upaya ini dilakukan untuk menunjukkan jika Pemerintah Kota Pangkalpinang sangat mendukung proses digitalisasi keuangan.

Kepala Bappeda dan Litbang, Yan Rizana mengungkapkan jika proses digitalisasi keuangan dan harus segera dilakukan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengolahan keuangan pemerintah daerah.

“Tentu semuanya harus by sistem karena dengan itu keuangan kita terdata dan dapat diawasi juga, sehingga proses keluar masuknya uang itu harus melalui proses tertentu,” katanya.

Untuk mendukung program KPPD ini, Pemkot saat ini sedang berupaya menerbitkan peraturan wali kota yang saat ini masih dalam tahap asistensi dengan Pemerintah Provinsi.

“Selesai asistensi akan ada Perwako usulan terbit, kita legalkan dan dari sini kita akan melakukan perjanjian kerja sama dengan Bank Sumsel, karena KKPD ini  akan bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel sebagai mitra pemerintah kota dalam pengelolaan KKPD,” ujarnya.

Ia berharap dengan penerapan KKPD ini sistem pengelolaan keuangan pemerintah kota akan semakin baik dan mudah. “Sehingga kedepan, kita tidak lagi menggunakan transaksi secara manual,” tukasnya. (dnd)