Tahun Ini Pemkot Fokus Penanganan Banjir

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Kota Pangkalpinang fokus pada penanganan banjir, hal ini sesuai dengan rancangan pembangunan Kota Pangkalpinang. Dengan upaya ini diharapkan dapat meminimalisir dampak banjir di ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tersebut.

Kepala Bappeda Litbang Kota Pangkalpinang, Yan Rizana mengatakan tahun ini, Pemkot bakal melakukan pembangunan Kolong Nyatoh lanjutan dan pembangunan Pintu Air
Linggarjati.

Dengan pembangunan dua titik kolong ini tentu diharapkan dapat mengurangi titik banjir di Kota Pangkalpinang, pengurangan titik banjir ini pun tidak bisa dilakukan sekaligus, melainkan dilaku­kan secara bertahap.

“Kami terus berupaya penanganan banjir, kami sudah melakukan koordinasi dengan kementerian, sehingga melakukan pembangunan baru agar genangan yang selama ini dapat berkurang,” katanya, Rabu (13/3/2024).

Upaya mengatasi ancaman banjir memang menjadi salah satu target Pemkot Pangkalpinang, dengan banyaknya program pembangunan drainase yang  dilaksanakan.

“Memang permasalah banjir tidak dapat di tun­taskan sekaligus, namun dengan adanya program pen­angan banjir ini diharap­kan dapat mengurangi titik banjir di Kota Pangkalpinang,” ujarnya. (dnd)