Pemkab Babar akan Terapkan MPP Digital

BANGKA BARAT, LASPELA – Bupati Bangka Barat, Sukirman mengikuti kegiatan peresmian serta Penguatan Penerapan Mal Pelayanan Publik dan Mal Pelayanan Publik Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, pada Kamis (7/3/2024). Diketahui, Pemerintah Indonesia saat ini sedang berfokus pada percepatan digitalisasi dalam rangka mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras ialah penerapan Mal Pelayanan Publik. Tujuannya untuk mengintegrasikan berbagai jenis layanan pemerintah dalam satu tempat.

“MPP adalah langkah konkret dalam upaya mengintegrasikan pelayanan publik dari berbagai instansi, baik pemerintah pusat maupun daerah, serta badan usaha milik negara, daerah, dan swasta, dalam satu tempat,” ujar Sukirman.

Sukirman menambahkan, pihaknya bakal menerapkan program Mal Pelayanan Publik sepenuhnya di Kabupaten Bangka Barat pada Mei 2024 mendatang. Sebelum itu, pihaknya mempersiapkan diri untuk transisi ke Mal Pelayanan Publik secara digital.

“Sebenarnya pelayanan sudah dilakukan di kantor DPM Nakertrans, cuma itu skala kecil. Nanti di Mei kita persiapkan MPP secara konvensional, lokasinya di Perpustakaan Daerah sembari kita terus mendorong MPP Digital (target) di Bulan November. Kita sudah berkomitmen dan mendapatkan rekomendasi dari Kemenpan RB,” katanya.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bangka Barat, Yuwanda menyampaikan, sudah ada 13 intansi yang sudah menyatakan minat untuk bergabung di MPP ini.

“Ada sejumlah OPD yang sudah siap bergabung. Kemudian ada beberapa instansi lainnya seperti Imigrasi untuk masalah paspor, terus ada juga kepolisian. Selanjutnya ada juga dari PDAM, perpajakan, perbankan hingga Badan Nasional Narkotika Provinsi,” kata Yuwanda.

“Mudah-mudahan akan bertambah jumlahnya, karena beberapa OPD mereka lagi melakukan persiapan. Dan kita juga menyambut baik dan mempersiapkan semuanya di Perpustakaan Daerah, mudah-mudahan memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat Bangka Barat,” ucapnya. (oka)