Kreatif, Gelaran P5 SMP YPK Air Kenanga Pamerkan Tas dari Tutup Galon

SUNGAILIAT, LASPELA — SMP YPK Air Kenanga menggelar kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan imbas dari pelaksanaan kurikulum merdeka.

Dengan mengusung tema“Gaya Hidup Berkelanjutan”dengan topik “Plesetingan” yaitu Plastik Sekali Pakai Tinggal Kenangan, kegiatan ini melibatkan seluruh siswa-siswa kelas VII SMP YPK Air Kenanga.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 16 Februari hingga 8 Maret 2024 terdiri dari enam tahap yaitu pengenalan, kontekstual, rencana aksi, aksi nyata, pamer karya dan evaluasi refleksi.

Dalam pelaksanaannya, peserta didik dibagi kedalam kelompok berdasarkan kelas, dimana dalam satu kelas terbagi menjadi lima kelompok. Adapun proyek yang ditampilkan pada fashion show adalah tas dari tutup galon, kolase dari tutup botol, dan gaun plastik dari plastik bekas.

Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini seluruh siswa bisa belajar bergotong royong, kerja sama, dan bertanggung jawab, sehingga bisa menjadi pelajar dengan profil pancasila sejati.

Pada tahap pertama ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok di setiap kelasnya. Dimana dalam satu kelas didampingi 2 orang guru pendamping. Dengan harapan projek yang diberikan kepada siswa mampu membangun pengalaman nyata siswa dalam kehidupan bermasyarakat serta memenuhi tujuan pembelajaran P5.

Ketua Projek kedua P5, Kasmira menyampaikan, tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memperkenalkan siswa agar peduli lingkungan dengan memberikan rasa tanggung jawab, gotong royong, dan kerja sama tim.

“Biasanya siswa terfokus pada pembelajaran di kelas, kini siswa melaksanakan suatu projek. Siswa bisa memahami ternyata sampah-sampah yang ada di lingkungan sekitar bisa dimanfaatkan seperti membuat tas dari tutup galon, membuat kolase dari tutup botol dan membuat gaun plastik dari plastik bekas” katanya, Jumat (8/03/2024).

Sementara itu, Kepala SMP YPK Air Kenanga, Indra Gautama mengatakan, profil pelajar pancasila merupakan salah satu kegiatan projek yang ada dikurikulum merdeka dan ini merupakan projek kedua di tahun pelajaran 2023/2024.

“Dimana dalam hal ini kita dapat menemukan minat bakat siswa sesuai dengan apa yang diminati. Terima kasih kepada seluruh orang tua yang telah memberikan dukungan kepada anak-anaknya karena telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini dari awal sampai akhir,” ucapnya.

Kegiatan P5 berlangsung di Lapangan Basket Sekolah YPK Air Kenanga. Acara ini disaksikan oleh seluruh guru serta para siswa kelas VII, VIII, dan IX YPK Air Kenanga. (mah)