Kepemimpinan Riza-Debby Kembali Ukir Prestasi, Raih Adipura Tahun 2023

Toboali, LASPELA – Masa Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi kembali mengukir prestasi.  Kabupaten Basel kembali memboyong  dan mempertahankan piala Adipura 2023.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid di Auditorium, Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (5/2/2024).

Bupatimengatakan prestasi Adipura 2023 ini buah dari hasil kinerja masyarakat Bangka Selatan dan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup.

“Saya sebenarnya hanya kebagian mengambil saja piala ini. Prestasi ini adalah kinerja masyarakat Bangka Selatan dan Dinas Lingkungan Hidup. Piala ini adalah kebahagiaan luar biasa bagi saya. Piala Adipura ini menjadi buah atas kerja keras, dan kolaborasi yang telah dilakukan petugas kebersihan, masyarakat, komunitas dan berbagai gerakan kebersihan yang ada di Kota Toboali. Terutama pasukan kuning dan pasukan hijau dari Dinas Lingkungan Hidup,” kata Riza, Kamis (7/3/2024).

Ia menyebutkan penghargaan ini pula menjadi keempat kalinya diterima berturut-turut sejak tahun 2017-2018 dan 2022-2023.

“Sementara pada tahun 2019-2021 program penghargaan piala Adipura ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, kata Riza Kabupaten Bangka Selatan juga menjadi daerah yang menerima piala Adipura 2023 satu-satunya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah Bangka Selatan jadi kota/kabupaten di Provinsi Bangka Belitung yang mendapatkan Adipura 2023 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ungkapnya.

Riza menargetkan, Bangka Selatan harus mendapatkan 5 kali berturut-turut piala Adipura guna mendapatkan Adipura Kencana dari pemerintah pusat.

“Target kalau bisa mendapatkan lima kali berturut-turut mendapatkan piala Adipura dan memenuhi kriteria bisa memperoleh Piala Adipura Kencana,” pungkas Riza. (pra)