Tekan Harga Cabai dan Inflasi, Hidayat Arsani Siap Bagikan Bibit Cabai Gratis

* Bibit Mati, Lapor ke Call Center

PANGKALPINANG, LASPELA – Mantan Wakil Gubernur Babel Hidayat Arsani berinisiatif membagikan pohon cabai rawit yang siap panen secara gratis kepada masyarakat Bangka Belitung, mengingat harga cabai saat ini terus merangkak naik.

“Untuk sementara pohon cabai ini kita bagikan di wilayah Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka baru menyusul di daerah lain. Dan hari ini pohon cabai kita bagikan secara gratis kepada warga Kelurahan Lontong Pancur, Pangkalbalam Kota Pangkalpinang,” ujarnya kepada awak media disela-sela membagikan pohon cabai tersebut, Kamis (7/3/202).

Dirinya menyebutkan, pembagian pohon cabai ini menjadi satu faktor penyebab inflasi di Babel, jadi masyarakat harus mandiri dengan cara menyediakan sendiri untuk kebutuhan sehari-hari.

“Pohon cabai rawit ini diberikan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi warga akan cabai rawit dan membantu perekonomian mereka. Saya berharap ini dijaga dan dirawat dengan baik,” ucapnya.

Selain itu, Hidayat Arsani juga mengatakan pembagian pohon cabai ini sudah siap panen dan ada juga yang sudah berbunga yang nantinya bisa dipanen juga. Dan ini sebagai percontohan agar warga bersemangat untuk merawatnya nanti.

“Nanti pohon cabainya akan kita bagikan langsung kepada warga Lontong Pancur, ada sekitar 100 rumah yang mendapatkannya. Jadi satu rumah dapat 6 batang pohon cabai, jadi masyarakat sekitar cukup merawatnya saja dengan baik,” katanya.

Lanjutnya, ada 10.000 batang pohon cabai siap panen yang akan dibagikan secara gratis kepada warga Kota Pangkalpinang.

“Saya sudah menyiapkan lahan 10 hektar sebagai lokasi pembibitan lengkap dengan para tenaga ahli Institut Pertanian Bogor (IPB) dan pekerjanya. Semoga nantinya bisa merealisasikan program pembagian pohon cabai siap panen gratis untuk 100.000 rumah tangga dengan jumlah 600.000 batang pohon cabai,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan, kalau ada 100.000 batang pohon cabai siap panen yang produktif dan per batangnya 3 menghasilkan 3 ons saja perminggu, kalikan saja sudah berapa ton kebutuhan cabai terpenuhi.

“Untuk urusan cabai Ibu-ibu rumah tangga tidak perlu pusing lagi, semoga dengan adanya pohon cabai siap panen yang saya bagikan ini bisa menghemat uang belanja, tinggal dirawat saja. Apabila pohon cabai ini mati, bisa langsung hubungi Call Center kami nanti langsung diganti dengan pohon cabai yang baru lagi,” tutupnya.(chu)