Jasa Raharja bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas Jalan Gelar FGD Bahas Upaya Pencegahan Kecelakaan dan Penurunan Fatalitas Korban Kecelakaan

BANGKA TENGAH, LASPELA – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Forum Komunikasi Lalu Lintas Jalan Provinsi Babel melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di ruang pertemuan kantor Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa 5 Maret 2024. FGD ini membahas upaya pencegahan kecelakaan dan penurunan fatalitas korban kecelakaan.

Kepala PT Jasa Raharja Babel melalui Kepala Unit Human Capital dan Umum, Fuad Iswandri menyampaikan, FGD kali ini mengambil tema ‘Melaju untuk Transportasi Maju’ yang juga membahas upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

“Kami yang tergabung dalam Forum Komunikasi Lalu Lintas Jalan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dituntut untuk terus melakukan perbaikan, mengakselerasi pembangunan dan meningkatkan pelayanan. Namun hal ini bisa tercapai dengan adanya sinergi antar pihak guna mewujudkan 5 (lima) Pilar Aksi Keselamatan Jalan, sehingga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” kata Fuad.

Dalam kesempatan itu, Fuad menyampaikan bahwa penyerahan santunan di wilayah Bangka Tengah mengalami kenaikan. Sampai dengan bulan Februari 2024, santunan mencapai Rp1.8 miliar atau meningkat sebesar 7,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1.6 miliar.

“Ini menunjukan adanya peningkatan kecelakaan maupun fatalitas korban, yang tentu saja harus menjadi concern kita bersama,” tambahnya.

Fuad menyampaikan, FGD kali ini juga turut membahas tindak lanjut dari kejadian kecelakaan lalu lintas menonjol yang menelan 4 korban jiwa di Bangka Tengah. Hasil dari FGD tadi juga ditindaklanjuti dengan melaksanakan upaya-upaya yang dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa.

“Nantinya akan dibuatkan rambu-rambu imbauan, spanduk, penambahan lampu jalan, serta akan dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, harapannya kasus kejadian serupa tidak terulang kembali,” kata Fuad.

“Terakhir kami tidak pernah bosan untuk mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, selalu berhati-hati saat berkendara dan tidak melebihi batas kecepatan, pastikan bahwa kondisi kendaraan dan fisik dalam keadaan prima, yang tidak kalah penting juga pastikan surat-surat kendaraan dalam keadaan hidup termasuk SIM, STNK, dan KIR, selalu mengutamakan keselamatan diri dan pengguna jalan lain,” pungkasnya. (ril/chu)