Pemilu Berjalan Aman dan Lancar, Kapolres Basel Apresiasi Seluruh Elemen Masyarakat

 

TOBOALI, LASPELA – Kapolres Bangka Selatan (Basel) AKBP Trihanto Nugroho, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan atas berjalan aman, lancar dan damai dalam menjaga Pemilu 2024.

“Terima kasih saya ucapakan untuk seluruh masyarakat khususnya di Basel yang mana telah bekerjasama dalam menjaga keamanan, dan kedamain saat berjalannya Pemilu 2024 ini,” kata AKBP Trihanto Nugroho, Selasa (5/3/2024).

Dikatakan Trihanto, berkat partisipasi dari masyarakat yang telah ikut serta menjaga Pemilu sampai berlangsung tertib dan lancar di wilayah hukum Polres Basel di setiap TPS se Basel.

“Ucapan ini saya sampaikan karena dari keseluruhan total 555 TPS yang tersebar di 8 Kecamatan di Basel berlangsung dengan tertib, lancar dan aman. Polres juga menerjunkan 2 sampai 3 orang personel untuk melakukan pengawalan dan pengamanan TPS,” ujarnya.

Menurut mantan Kasubdit 3 Jatanras Polda Babel ini, terciptanya kondisi keamanan dalam Pemilu 2024 menjadi kebanggaan bagi institusi Polri, khususnya di Polres Basel.

“Hal terpenting bagi kami penegak hukum adalah, terciptanya kondisi keamanan dalam Pemilu 2024 di Basel. Semua ini tidak terlepas dari partisipasi aktif masyarakat,” ujarnya.

Ia juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat Basel yang bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024.

“Saya sangat apresiasi sekali kepada seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024 yang aman, damai dan sehat,” ucap Trihanto.

Selain itu, Trihanto menjelaskan, dari tahapan awal pendaftaran, kampanye hingga proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS tidak ada kejadian yang menonjol. Masyarakat juga bebas memberikan hak suaranya secara tertib dan damai.

“Segala bentuk imbauan yang disampaikan oleh kita terkait, aturan dari penyelenggara pemilu, betul-betul dipatuhi oleh masyarakat baik pendukung paslon presiden serta juga pendukung caleg. Semua ini adalah bentuk rasa tanggung jawab dan partisipasi semua elemen masyarakat dalam menjaga kamtibmas di Basel,” jelasnya.

Ia juga berbeda, atas dukungan serta partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat, TNI, Polri, dan Penyelenggara Pemilu yang telah bekerja keras dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu berlangsung tetap dipertahankan sampai Pilkada November mendatang.

“Saya meminta masyarakat untuk terus mempertahankannya, sebab proses pemilu sedang dan terus berjalan, hingga nanti final pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden,” sebutnya.

Trihanto mengungkapkan, pencoblosan 14 Februari kemarin sampai dengan pleno tingkat Kabupaten tidak ada laporan kejadian atau insiden menonjol terkait dengan gelaran Pemilu.

“Kita semua berharap, dengan kondisi damai penuh kerukunan seperti ini, semoga bisa terus terjaga sampai selesai,” pungkasnya. (pra)