LPSE Babar Down, Uli: Hari ini Selesai

BANGKA BARAT, LASPELA – Sejumlah Penyedia dan Kontraktor di Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengeluh, lantaran website Layanan Pengadaan Barang Elektronik (LPSE) tidak bisa diakses sejak beberapa pekan terakhir. Kepala Bagian (Kabag) Pengadaan Barang Jasa (BPJ) Kabupaten Bangka Barat, Aidin mengatakan, LPSE tidak bisa diakses karena sedang proses pemindahan data dari pada server. Pihaknya juga sudah bersurat ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) di Pusat pada 29 Februari 2024 lalu.

“Iya, sekarang lagi migrasi dari server lama ke server baru dan sudah kami buat surat ke LKPP perihal permohonan migrasi server karena server lama sudah down untuk lebih jelasnya masalah teknis tanya ke IT diskominfo,” katanya, Selasa (5/3/2024).

Sementara itu, Kabid E-goverment Diskominfo Kabupaten Bangka Barat, Uli Nuha menyampaikan, setelah perpindahan server dari ruang LPSE Babar ke ruang Diskominfo pada tahun 2024 ini, memang sering terjadi masalah.

“Ternyata setelah dilakukan pemindahan ada beberapa kali terjadi masalah down, setelah kami analisa server itu sudah tua dan sudah lama. Terakhir jumat kemarin kami cek dan nggak bisa ngangkat lagi server itu, udah down,” ucapnya.

Uli mengatakan, server lama harus diganti dan saat ini sedang proses pemindahan data dari server lama ke server baru, namun untuk mnginstalnya hanya bisa dilakukan oleh LKPP Pusat.

“Tapi proses migrasi ini, kami juga butuh koordinasi ke LKPP, kami sudah berkirim surat tinggal proses dari sana, server sudah kami siapkan, sudah bisa di instal, tinggal dari LKPP, yang migrasi nanti tim dari LKPP ke server baru,” katanya.

Uli memperkirakan proses migrasi tersebut akan selesai hari ini, Selasa (5/3/2024) atau paling lama pekan ini, Website LPSE Kabupaten Bangka Barat sudah kembali bisa di akses.

“Dari pak Kabag juga sudah koordinasi, tim IT disana (LKPP) sedang mempersiapkan untuk instal ke server yang baru. Mudah-mudahan hari ini sudah selesai, tapi informasi tim IT disana sudah mulai bergerak, 3×24 jam sudah selesai lah,” ujarnya. (oka)