Jasa Raharja Babel Gandeng Samsat Sungailiat Gelar Pengobatan Gratis dan Samsat Keliling di Terminal Belinyu Kabupaten Bangka

PANGKALPINANG, LASPELA – PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berkolaborasi dengan UPT Samsat Sungailiat menggelar kegiatan pengobatan gratis di Terminal Belinyu, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka pada Senin (04/03/2024). Kepala PT Jasa Raharja Babel, Arny Irawati Tenriajeng menyampaikan, PT Jasa Raharja selaku pengemban Amanah Undang-Undang Nomor 33 dan 34 tahun 64, yakni pelaksana program asuransi penumpang angkutan umum dan lalu lintas jalan, tidak hanya berfokus terhadap pelayanan penyerahan santunan kepada korban kecelakaan.

“Kami juga fokus terhadap terhadap upaya-upaya peningkatan keselamatan lalu lintas melalui program pencegahan kecelakaan, salah satunya dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis, melalui Mobil Unit Keselamatan Lalu Lintas (MUKL) yang sasarannya adalah para awak angkutan umum, dengan memastikan kondisi fisik yang prima kami harap dapat meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan,” katanya.

Arny menjelaskan, kegiatan pengobatan gratis Jasa Raharja kali ini berkolaborasi dengan Samsat Sungailiat yang juga menggelar kegiatan samsat keliling. Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi Pembina Samsat Provinsi Babel.

“Kami harap dengan kegiatan seperti ini, selain tujuan utamanya untuk mengurangi risiko kecelakaan dapat juga meningkatkan minat masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor,” imbuhnya.

Arny menambahkan, dalam kesempatan itu, juga tim UPT Samsat Sungailiat melakukan sosialisasi terkait program-program kesamsatan. Pihaknya juga menyampaikan kepada masyarakat tentang program kesamsatan, termasuk inovasi-inovasi dalam pembayaran pajak, salah satunya adalah aplikasi SIGNAL.

“Dengan menggunakan aplikasi SIGNAL pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dapat dilakukan kapan saja di mana saja, sehingga lebih memudahkan masyarakat,” tambahnya.

Arny menyampaikan, tim Pembina Samsat Provinsi Babel, yakni Kepolisian, Pemerintah Daerah dan Jasa Raharja senantiasa bersinergi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen Pembina Samsat untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Saat ini Pembina samsat berfokus pada pengembangan inovasi berbasis digital, yang kami harap semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma dari PT Jasa Raharja Babel ini berupa pengecekan tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat, serta pemeriksaan Kesehatan dan pemberian obat-obatan, multivitamin secara gratis. Lebih dari 50 pasien turut memeriksakan kesehatannya yang merupakan pengemudi dan awak angkutan umum, pengendara, masyarakat di sekitar lokasi, dan wajib pajak yang sedang menunggu proses pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung sebagai bentuk kontribusi Jasa Raharja terhadap kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (ril/chu)