Ketua Bawaslu: Pemilu di Babel Kondusif

PANGKALPINANG, LASPELA – Ketua Badan pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bawaslu Babel), EM Osykar menyebutkan proses secara keseluruhan pemilu di Bangka Belitung berjalan dengan kondusif.

“Pesta demokrasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berjalan lancar dan kondusif,” ucapnya, Senin (4/3/2024).

Menurutnya kondusifitas itu terlihat setelah tahapan inti pemilu yakni pemungutan dan penghitungan suara yang saat ini masih berlangsung proses penghitungan atau rekapitulasi perolehan suara.

“Secara keseluruhan setelah tahapan inti hingga penghitungan suara saat ini berlangsung proses rekapitulasi, dapat kami ambil kesimpulan berlangsung kondusif,” kata Osykar.

Selain itu, secara umum tidak ada masyarakat yang memiliki hak pilih merasa dirugikan, dan peserta pemilu sejauh ini dapat menerima hasil rekapitulasi perolehan suara.

Kondusivitas itu terjaga, kata Osykar, adanya kolaborasi antar penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, stakeholder terkait dan masyarakat.

Meski demikian, diakui Osykar, ada beberapa catatan khusus, sudah diselesaikan secara tingkatkan.

“Saya harap juga rekapitulasi berjalan lancar, kalaupun ada sanggahan teman penyelenggara dan pengawas dapat menindaklanjuti,” tutupnya.(chu)