Bawaslu Babel Dampingi Proses Rekapitulasi Perhitungan Suara di Kabupaten Kota

PANGKALPINANG, LASPELA – Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan pendampingan terhadap proses rekapitulasi suara pemilu 2024 yang saat ini sudah berlangsung di tingkat kabupaten kota.

Ketua Bawaslu Babel, Em Osykar mengatakan proses pendampingan itu guna mengantisipasi terhadap adanya hal-hal pengawas pemilu jajaran kabupaten kota harus mendapatkan masukan dari Bawaslu Provinsi Babel.

“Kita sifatnya pendamping, takutnya ada hal-hal pengawas pemilu jajaran kabupaten kota harus mendapatkan masukan dari Bawaslu provinsi,” kata Osykar, Senin (4/3/2024).

Dia menyebutkan, proses rekapitulasi tingkat kabupaten kota itu yakni terkait suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota.

“Sementara tingkat provinsi nanti yang direkap hanya provinsi saja, sehingga harus diselesaikan setiap tingkatan jika ada permasalahan, agar tidak terjadi penumpukan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka melaksanakan Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di ruang Aurora Tanjung Pesona Sungailiat, Kamis (29/2/2024) lalu.(chu)