Server Down, Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Beberapa Kali Terjeda

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka sempat beberapa kali dijeda lantaran server mengalami down.

Ketua KPU Bangka, Sinarto mengakui adanya kendala yang terjadi. Ia mengatakan bahwa hal itu disebabkan oleh jaringan yang tidak stabil dan banyaknya pengguna yang mengakses server tersebut.

“Memang pada proses rekap tadi ada kendala signal ataupun servernya mungkin banyak yang memakai (akses), karena jadwal kita hampir merata di seluruh Indonesia. Jadi servernya agak down,” kata Sinarto, Sabtu (2/3/2024).

Meski demikian, proses pembacaan rekapitulasi kembali berlangsung, walaupun harus berulangkali mengakses server.

“Tapi Alhamdulillah setelah kita buka (server) sampai beberapa kali, kita bisa membacakan kembali hasil rekapitulasi,” bebernya.

Rapat pleno yang berlangsung di Hotel Tanjung Pesona itu akan kembali dimulai setelah melakukan istirahat, sholat dan makan (isoma).

“Setelah istirahat tinggal membacakan rekapitulasi DPRD Kabupaten Dapil 4, dan akan kita proses finalisasi. Kemudian setelah dicetak akan kita sinkronkan kembali, lalu ditandatangani dan cap basah, barulah kita bagikan kepada para saksi. Dan nantinya kita akan melakukan proses penetapan dan penutupan,” jelasnya.

Dengan demikian, dihari ketiga ini proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten akan rampung.

“InsyaAllah semuanya bisa berjalan mulus sesuai yang kita jadwalkan,” tutupnya. (mah)