Gubernur Diminta Fasilitasi Kerja Sama Perdagangan antardaerah

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Samri berharap Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bisa menjembatani perdagangan antardaerah di Provinsi Babel, agar kebutuhan lokal bisa terpenuhi.

“Kemungkinan untuk menjalin kerja sama itu memang harus, tinggal bagaimana gubernur yang mengatur kabupaten dan kota artinya  sebagai mediatornya,” katanya, Sabtu (2/3/2024).

Ia mencontohkan seperti pada Kabupaten di Sumatera Selatan yang menjalin kerja sama antara satu dan lainnya, sehingga kebutuhan di daerah itu dapat terpenuhi dengan hasil mereka sendiri.

“Jadi ketika ada yang kekurangan beras bisa untuk saling kirim namun difasilitasi oleh gubernur, satu dan yang lainnya saling berkoordinasi, tidak hanya beras tetapi juga komoditas lainnya,” ulasnya.

Ia mengatakan, bisa saja kedepan Pangkalpinang memproduksi banyak cabai dan sebelum mengirim ke luar daerah pasti akan dilihat dulu apakah kebutuhan di daerah tersebut telah terpenuhi.

“Untuk itu kita berharap, kerja sama antardaerah bisa terjalin. Kami pun sebenarnya sudah berkoodinasi dengan Kabupaten Bangka Selatan,” tutupnya. (dnd)