Direktur SDM Kearsipan & Sertifikasi ANRI Sebut Pengelolaan Arsip di Bangka Sangat Baik

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Direktur Sumber Daya Manusia Kearsipan dan Sertifikasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Andi Abubakar menyebut bahwa pengelolaan arsip di Kabupaten Bangka sudah sangat baik.

Ia menilai bahwa kaidah pengelolaan kearsipan mulai dari penciptaan, kemudian proses arsip dinamis hingga statis sudah terlaksana. Disamping itu, Kabupaten Bangka sudah memiliki digitalisasi arsip yakni Srikandi (Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi)

“Pengelolaan arsip di Kabupaten Bangka sudah baik, apalagi dengan keberadaan depo arsip ini,” kata Andi yang juga Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, saat berkunjung ke Sungailiat, Jumat (1/3/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Mina mengatakan, kehadiran pejabat tinggi ANRI ini akan dapat memotivasi para pencipta arsip di Kabupaten Bangka.

“Tentunya dapat memotivasi agar sadar, tertib dan pengelolaan arsip yang benar sesuai dengan aturan yang ada,” ucapnya.

Terkait dengan depo arsip, Mina juga mengatakan bahwa tempat ini juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyimpan arsip atau dokumen mereka, agar dapat terjaga dengan baik. (*/mah)