Punya Nilai Sejarah, Lusje: Jaga Rumah Residance Ini

PANGKALPINANG, LASPELA – Rumah Residen atau Rumah Dinas Wali Kota Pangkalpinang menjadi tempat terselenggaranya Festival Wanka Wedding 2024, dimana sebanyak 20 Wedding Orginizer (WO) turut menampilkan produk-produknya disini.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan mengatakan dengan terselenggaranya Festival ini, tentu menjadi sebuah warna di rumah residen, sehingga menghidupkan marwah rumah bergaya eropa ini.

Lusje menambahkan,  semua masyarakat harus menjaga rumah residen ini, baik dari segi kebersihan hingga kontruksi rumah.

“Event-event boleh terselenggara di sini, namun yang terpenting bagaimana kita bisa bersama menjaga kelestariannya, kebersihannya dan keindahannya,” ujarnya, Kamis (29/2/2024).

Ia juga mengingatkan jika rumah residen ini milik masyarakat Pangkalpinang, sehingga merawat rumah residen dan seluruh lingkungannya merupakan tugas bersama.

“Jadi mari bersama kita jaga rumah residen ini, bagi menggelar event tetap rawat jangan sampai rumah residen ini ada rusak atau semacamnya,” ujarnya.

Rumah Residen (Residentshuis Te Pangkalpinang Op Bangka) atau sekarang lebih dikenal dengan rumah dinas wali kota ini terletak di kawasan pusat sipil Pangkalpinang. Bangunan bergaya Eropa ini ditandai dengan banyaknya pilar, pintu utama tinggi dan halaman yang Luas. Bangunan rumah terdiri atas bangunan inti dan paviliun pada sisi timurnya. Di halaman depan rumah terdapat dua meriam kuno berangka tahun 1840 dan pada dudukannya berangka tahun 1857 serta tulisan AGW.(dnd)