HPSN 2024, Limbah Plastik Masih Jadi Masalah di Bangka

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Penjabat (Pj) Bupati Bangka, Muhammad Haris menyebut bahwa limbah plastik masih menjadi masalah di daerah itu, pun di seluruh dunia.

“Oleh karena itu, dalam mengatasi permasalahan ini berbagai cara bisa dilakukan,” kata Haris, saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), dengan tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”, di Kantor DLH Bangka, Kamis (29/2/2024).

Untuk itu, kata Haris, pentingnya memberikan edukasi dan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

“Kita sudah menyiapkan tiga jenis warna tong sampah seperti sampah organik, non organik dan sampah plastik, itu juga masyarakat atau kita semua masih juga membuang sampah sembarangan atau tidak sesuai dengah tempatnya,” ujarnya.

Pihaknya juga berpesan agar budaya membuang sampah bisa dimulai dari keluarga, kemudian mengkampanyekan ke lingkungan masyarakat.

Merespon hal itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Ismir Rachmaddinianto mengatakan, persoalan sampah plastik menjadi perhatian serius pihaknya.

“Selain mensosialisasikan dan mengkampanyekan, juga memanfaatkan limbah plastik sebagai penghasilan ekonomi yang produktif apabila di kelola dengan baik, dengan mengubah limbah plastik menjadi sesuatu yang bernilai,” tukasnya. (mah)