Harga Bapok Naik, Lusje Prediksi Inflasi Februari Tetap Stabil

PANGKALPINANG, LASPELA –  Harga bahan pokok (bapok) pada bulan Februari terpantau naik, bahkan hampir semua bapok naik secara signifikan pada bulan Februari, ditambah harga beras premium yang melonjak tinggi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Lusje Anneke Tabalujan mengatakan jika pada Februari ini memang pihaknya mewaspadai terjadinya inflasi tinggi di Pangkalpinang.

“Februari ini juga banyak perayaan agama dari Imlek hingga Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, dan ketika saya pantau ternyata harga bapok itu naik karena ada dua perayaan besar agama di Februari, ditambah saat ini kita menyambut Ramadan,” katanya, Kamis (29/2/2024).

Pihaknya saat ini terus memantau harga  bapok baik di pasar dan distributor, agar ketersediaan stok tetap ada karena permintaan cukup banyak.

Ia mengaku terkejut ketika perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dirayakan begitu meriah di Bangka Belitung. “Seperti lebaran, dan saya baru tahu ternyata Bangka ini Lebarannya banyak sekali, mungkin salah satu penyebab bumbu dapur naik juga itu,” ulasnya

Namun Lusje berharap inflasi di Februari ini tetap landai meskipun memang sedikit naik namun tidak se signifikan itu. “Karena ada satu daerah yang pada bulan sebelumnya inflasinya sangat rendah, namun pada bulam berikutnya inflasi naik tinggi sekali bahkan nomor 1 di Indonesia, nah kita jangan sampai seperti itu,” tandasnya.

“Tentu kita tidak mau juga kalau naiknya langsung signifikan, sebelumnya kita sudah berada di posisi terendah. Nah prediksi kami mungkin angkanya akan stabil sama seperti bulan Januari kemarin tetap berada pada sasaran inflasi,” tuturonya. (dnd)