Personel Terbatas Basarnas Maksimalkan Pelayanan, Oka: Sinergi dengan Stakeholder

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Kantor SAR (Kakansar) Pangkalpinang, I Made Oka berharap momentum HUT ke-52 ini,  Basarnas melayani masyarakat sebaik-baiknya terutama di wilayah Bangka Belitung.

“Selain itu sinergitas diharapkan dapat terjalin dengan dengan instansi terkait, sehingga operasi pencarian dan pertolongan dapat dilakukan dengan aman dan lancar, ujarnya kepada awak media usai
upacara peringatan HUT ke 52 Basarnas yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Bangka Belitung, Rabu (28/2/2024).

Dia menyebutkan, dengan sinergi apapun operasi pencarian dan pertolongan dapat dilakukan dengan aman dan lancar atas sinergi yang dilakukan seluruh instansi, potensi masyarakat terkait organisasi SAR.

“Tentu kami berharap Basarnas dapat melayani  masyarakat sebaik-baiknya dengan sinergisitas yang ada di Babel,” ucapnya.

Oka mengakui, untuk di Babel tidak ada kesulitan dalam pelayanan operasi SAR hanya saja keterbatasan personel dan peralatan teknologi, namun itu bisa dilakukan dengan sinergi.

“Itu dapat buktikan hari ini proses evakuasi (simulasi) peralatan atau alut yang digunakan bisa disinergikan baik dari pemerintah daerah dan Polda. Itu kuncinya dapat dilakukan dengan satu jiwa satu rasa dan alut yang ada di seluruh Babel,” terangnya.

Lanjut Oka, di sepanjang tahun 2023 Basarnas Pangkalpinang ada 46 operasi SAR dan penyelamatan yang dilakukan tim SAR hampir 90 persen. Dan perlu diketaui operasi SAR di Babel cenderung terjadi di wilayah perairan, laut, kolong maupun sungai.

“Untuk di Babel sendiri 80 persen kecelakaan sering terjadi di wilayah perairan. Dan jika cepat kita menerima informasi tersebut maka kita bisa langsung quick action untuk pertolongan dan pencarian,” ungkapnya.

Selain itu, disampaikan Oka, untuk memaksimalkan kinerja Basarnas, dalam waktu dekat juga akan ada pengembangan di wilayah Belinyu, dan kebutuhannya juga akan didukung oleh kantor pusat.

“Semoga ada unit siaga disana Bangka Utara Belinyu dan kebutuhan didukung kantor pusat terkait rigid inflatable boat agar pelayanan kita bisa lakukan dengan cepat,” harapnya.

Dia menambahkan, saat ini jumlah personil Basarnas Pangkalpinang ada 102 personil. Dan jumlah peralatan pendukung, untuk kapal 40 meter ada satu unit, kapal 36 meter 1 unit, rigid inflatable boat ada 3 unit, rafting boat 1 unit dan jetski 2 unit

“Tentu semua peralatan pendukung ini untuk pelayanan di wilayah Babel,” tutupnya.(chu)