Disdukcapil Babar Mulai Rekam e-KTP Pemilih Pemula Pilkada 2024

BANGKA BARAT, LASPELA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai melakukan perekaman e-KTP terhadap pemilih pemula yang akan menyumbangkan suaranya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada bulan November 2024 mendatang. Saat ini, penduduk Bangka Barat sendiri berjumlah 214.428 jiwa dan 149.499 jiwa sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), sementara sisanya masih usia anak-anak.

“Target yang sudah kami capai sudah 99,37 persen. Itu dari total semua penduduk yang harus dilakukan perekaman, sisanya tinggal 939 jiwa dan 932 itu pemilih pemula, yang berusia 17 tahun sampai november nanti,” kata Kepala Disdukcapil Babar, Kaidi, Rabu (28/2/2024).

Kaidi mengatakan, pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP paling banyak di Kecamatan Mentok. Pihaknya telah melakukan berbagai upaya menjemput bola dengan mendatangi ke sekolah-sekolah dan Desa. Berbagai kendala pun ditemukan Disdukcapil saat akan melakukan perekaman e-KTP, salah satunya pada anak yang sudah tidak sekolah sangat susah untuk ditemui.

“Banyak sekali kendalanya, terutama anak-anak ini susah untuk dilakukan perekaman, jadi kesadaran anak-anak itu masih rendah, kemudian ada anak-anak yang sulit mencarinya karena sudah bekerja seperti di TI (Tambang Inkonvensional) dan Kebun,” ujarnya.

Disdukcapil Kabupaten Bangka Barat menargetkan perekaman e-KTP terhadap ratusan pemilih pemula akan selesai sebelum Pilkada yang akan diselenggarakan pada bulan November 2024 mendatang. (oka)