RKPD 2025, Pemkab Bangka Kuatkan Enam Prioritas Pembangunan

 

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka menguatkan enam prioritas pembangunan yang dibahas dalam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Keenam prioritas pembangunan tersebut diantaranya, penguatan kapasitas birokrasi, penguatan sektor-sektor unggulan serta pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Selain itu, prioritas lainnya yakni kesejahteraan dan perlindungan sosial, penguatan infrastruktur dan sumber daya air (SDA) serta pengelolaan lingkungan hidup,” kata Pj Bupati Bangka, Muhammad Haris, Senin (26/2/2024).

Dikatanya, RKPD tahun 2025 yang disusun tahun ini tidak lagi mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023.
Tetapi mengacu kepada rencana pembangunan daerah atau RPD Kabupaten Bangka tahun 2024-2026, yang akan menjadi pedoman bagi pejabat kepala daerah untuk menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan pada tahun 2025 nanti.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangka, Pan Budi Marwoto mengatakan, RKPD ini merupakan awal dari seluruh proses penyusunan rancangan RKPD untuk memberikan panduan kepada seluruh SKPD.

“Untuk menyusun rancangan Renja SKPD dan berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu satu tahun,” tutupnya. (mah)