Peringati Isra Miraj, Kapolres Basel Tekankan Personel Harus Bedakan Mana yang Boleh dan Tidak Dilakukan

TOBOALI, LASPELA– Polres Bangka Selatan menggelar acara peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1445 H / 2024 M di Masjid Roudhotul Jannah Polres Basel pada Senin 26 Februari 2024.

Pelaksanaan peringatan Isra’ Mi’raj dihadiri Kapolres Bangka Selatan, Dandim 0432 Bangka Selatan, PJU Polres Bangka Selatan, Ketua Cabang Bhayangkari Bangka Selatan, Pengurus Bhayangkari Cabang Bangka Selatan, Personel Polres Bangka Selatan Serta Personel Kodim 0432 Bangka Selatan.

Mengusung tema “Dengan Hikmah Isra’ Mi’raj Menanamkan Moral Dalam Mewujudkan Polri Yang Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai”, Kapolres Basel, AKBP Trihanto Nugroho mengajak seluruh personel untuk memaknai Isra Miraj dengan mengaplikasikan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Dalam sambutannya, Trihanto mengutip pesan hadis dengan Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa besar dimana Nabi menerima perintah sholat lima waktu.

“Perintah sholat ini merupakan perintah Allah SWT untuk memandu manusia untuk melaksanakan seluruh yang diperintahkan Allah SWT,” kata Kapolres.

Ia menyebutkan, dalam menjalankan tugas negara personel Polres Basel harus bisa membedakan mana yang boleh dilakukan dan tidak.

“Dalam bertugas kita juga harus tahu, apa yang tidak boleh dilaksanakan dan apa yang boleh dilaksanakan,” imbuhnya.

Menurut Trihanto, pelaksanaan tugas juga merupakan bentuk ibadah, apabila kondisi aman dan kondusif maka masyarakat beraktivitas dengan baik, beribadah dengan baik, bekerja dengan baik sehingga mampu menghidupi keluarganya.

“Makna Isra’ Mi’raj kita aplikasikan juga dalam pelaksanaan tugas. Polri yang Presisi harus mampu menjaga toleransi dan keadilan dalam mengawal pemilu, tanpa memihak atau membedakan kelompok tertentu,” tandasnya.

Sementara, Ustad Febiyanto dalam tausiyahnya mengungkapkan makna kebesaran dan keagungan peristiwa Isra’ Mi’raj sebagai bagian dari ajaran Islam.

Ia juga menekankan pentingnya keimanan sebagai dasar untuk menjadi individu yang amanah, khususnya bagi anggota Polri di wilayah hukum Polres Bangka Selatan.

“Dengan menanamkan nilai-nilai moral yang terkandung dalam hikmah Isra’ Mi’raj dengan baik, Insyaallah Polri dapat menjadi garda terdepan yang siap mengawal Pemilu secara damai dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” pesan Febiyanto kepada seluruh jemaah. (pra)