Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat, Kunci Penanganan Sampah di Pangkalpinang

PANGKALPINANG, LASPELA – Pada Hari Peringatan Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang meminta kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat serta semua elemen untuk penanganan sampah lebih maksimal.

“Volume sampah yang sudah cukup tinggi, disatu sisi pengolahan sampah masih kurang dan kondisi pengelolaan sampah juga yang masih belum maksimal, jadi kita perlu kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat,” kata Kepala DLH Kota Pangkalpinang, Bartholomeus Soeharto, Senin (26/2/2024).

Permasalahan sampah ini isu nasional bahkan isu internasional, tidak terkecuali di Pangkalpinang, tiap tahun isu sampah itu menjadi isu yang tidak pernah bisa dilewatkan karena terkait dengan lingkungan.

“Makanya dengan apel ini harapannya dan setiap organisasi Perangkat Daerah (PD) dan Kelurahan itu dapat untuk dapat menyampaikan kepada masyarakat untuk dapat mengelola sampah dengan baik,” katanya.

“Dengan harapan kalau semua kelurahan sudah mengelola sampah dengan baik dan sudah melakukan penanagan dengan baik, pengelolaan dan penanganan sampah diharapkan tidak menjadi permasalahan lagi,” tambah Soeharto.

Biarpun saat ini sampah selalu menjadi masalah, kedepan ia berharap sampah bukan lagi menjadi masalah, tapi bisa menjadi berkah dengan menerapkan sampah plastik dengan cara produktif sesuai tema HPSN 2024. (dnd)