Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Dinkes Rutin Gelar Penyuluhan Posbindu

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang berupaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan terus menggencarkan penyuluhan dan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim mengatakan, selama ini Posbindu sering melakukan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko Penyakit Tidak Menular (PTM) terintegrasi.

“Monitoring Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker, sudah sering dilakukan, monitoring faktor risiko bersama PTM secara rutin dan periodik,” ujarnya, Sabtu (24/2/2024).

Ia juga menjelaskan pemeriksaan rutin berarti kebiasaan memeriksa kondisi kesehatan meski tidak dalam kondisi sakit. Periodik artinya pemeriksaan kesehatan dilakukan secara berkala.

Ia berharap, jika masyarakat dapat menkonsumsi makanan sehat dan hindari makanan-makanan junk food berlebihan. Makanlah makanan yang bermanfaat untuk tubuh, seperti sayur dan buah-buahan.

“Hindari kebiasaan merokok, berolahraga secara rutin, dan batasi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Lakukan perubahan perilaku  dengan gaya hidup sehat yaitu cek kesehatan secara berkala,” imbaunya.

Rajin beraktifitas fisik, diet yang sehat dan seimbang, istirahat yang cukup dan kelola stres. (dnd)