Di Bukit Fat Hin San, Umat Vihara Buddhis Svakha Meriahkan Cap Go Meh 

SUNGAILIAT, LASPELA – Umat Vihara Buddhis Svakha menggelar Festival Cap Go Meh 2575 di Wisata Alam Bukit Fat Hin San, Kelurahan Lubuk Kelik Sungailiat, Kabupaten Bangka, Jumat (23/02/2024) malam.

Perayaan Cap Go Meh ini merupakan akhir dari rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek yang dilakukan pada tiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Imlek atau dua minggu setelah Tahun Baru Imlek. Dihari perayaan tersebut, Umat Buddhis Svakha pun bersembahyang dan meminta harapan baik di tahun 2024 ini.

Ketua Vihara Buddhis Svakha Sungailiat, Aldi Chundra mengatakan, festival Cap Go Meh 2575 di Bukit Fat Hin San ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan.

“Tahun sebelumnya (perayaan) hanya biasa saja dan kali ini kita meriahkan Cap Go Meh bersama umat Vihara sekaligus menikmati suasana alam bukit Fat Hin San,” katanya.

Acara tersebut dimulai sejak pukul 17.00 WIB dengan diisi berbagai agenda termasuk musik, atraksi barongsai sai, penampilan anak Sekolah Minggu Buddha Svakha (SMB) dan pesta kembang api.

Di gedung dua lantai tersebut, ada sekitar delapan ruangan yang disiapkan untuk para tamu menginap, sembari menikmati hangatnya suasana Cap Go Meh 2575 di Bukit Fat Hin San.

Sementara itu, Ketua Yayasan Vihara Buddhis Svakha, Hendry mengatakan Cap Go Meh ini merupakan salah satu upaya untuk merawat budaya yang sudah ada dari turun-temurun.

“Melalui festival Cap Go Meh ini pula kita harapkan dapat meningkatkan kebersamaan dan keharmonisan sesama umat vihara,” harapnya. (mah)